Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendekar Wanita Al Qaeda Diadili

Kompas.com - 01/08/2011, 20:52 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Sebuah pengadilan Arab Saudi memulai pemeriksaan pengadilan atas Wanita Al Qaeda, wanita pertama di kerajaan itu yang dituduh terlibat dalam aktivitas teroris, demikian dilaporkan media setempat, Senin (1/8/2011).

"Pengadilan kriminal khusus itu pada Minggu (31/7/2011) telah melakukan pemeriksaan terhadap seorang wanita yang dituduh masuk Al Qaeda, melindungi orang-orang yang dicari dan merekrut anggota jaringan teroris Al Qaeda," kata surat kabar Al-Madina.

"Wanita itu, yang tidak dikenali, juga dituduh membiayai teror dan memiliki senjata yang digunakannya dalam kejahatan teroris", kata harian itu.

Menurut Al-Madina, atas permintaan keluarga wanita tersebut, pengadilan itu akan berlangsung secara tertutup dan tanpa kehadiran media.

Sementara itu harian lain, Okaz, mengatakan wanita itu, yang hanya diidentifikasi sebagai Wanita Al Qaeda, berusia 45 tahun dan ditangkap tahun lalu di Buraidah, ibu kota provinsi Qassim.

Pada Juni 2010, Saeed al-Shihri, pemimpin terkemuka Al Qaeda Saudi di Yaman, minta para pendukungnya di Arab Saudi untuk menculik orang Kristen dan puteri-puteri Arab Saudi.

Penculikan tersebut diduga untuk mendesak pembebasan seorang militan wanita, yang ditangkap dalam serangan di wilayah utara Riyadh, wanita tersebut dikenali sebagai Heila al-Qsayer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com