Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Suriah Terus Gempur Hama

Kompas.com - 01/08/2011, 19:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pasukan keamanan Suriah terus membidikkan moncong senjatanya ke kota Hama. Menurut warta AP dan AFP pada Senin (1/8/2011), hari ini adalah hari kedua penggempuran untuk mencari pengunjuk rasa antipemerintah.

Tank-tank menembak setelah semalam terjadi operasi sporadis, kata pegiat di Hama, Omar Hamawi. Sebuah laporan yang belum dapat dipastikan menyebutkan empat orang tewas di daerah timur laut.

Pasukan keamanan menewaskan penduduk di kota tersebut  Minggu (31/7/2011). Para aktivis mengatakan sekitar 130 orang tewas di Suriah.

Sampai kini, tampaknya, sebagian besar wilayah Hama masih dikuasai penduduk, bukannya pemerintah Damaskus. Tank dan tentara yang berusaha menguasai kota kemarin, bergerak mundur di pinggiran kota semalam tetapi sekarang sepertinya bergerak maju kembali.

Penembakan sengit juga terjadi kota Deir al-Zour di timur semalam, kata Rami Abdul-Rahman, pimpinan kelompok Pengamat Hak Asasi Manusia Suriah yang bermarkas di London.

Dunia mengecam keras usaha pemerintah untuk menghentikan unjuk rasa yang terus berlanjut di Suriah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com