Pemeriksaan Gigi Bisa Prediksi Diabetes

Kompas.com - 01/08/2011, 13:53 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com – Ingin tahu apakah Anda rentan menderita diabetes? Sebaiknya, segera periksakan gigi Anda ke dokter, untuk mengetahui apakah termasuk kelompok yang berisiko besar atau tidak.

Para peneliti di Columbia University College of Dental Medicine, New York baru-baru ini menyatakan bahwa pemeriksaan gigi secara rutin sebenarnya dapat memprediksi risiko diabetes serta mencegah seseorang mengalami penyakit yang lebih parah.

Penemuan tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa penyakit periodontal merupakan salah satu komplikasi awal diabetes. Penelitian ini sendiri melibatkan 600 orang relawan, namun belum diketahui apakah para relawan ini menderita diabetes atau pra-diabetes.

Hasil kajian menunjukkan, dari 600 relawan, 530 di antaranya ditemukan berada pada risiko menderita diabetes. Selain itu, mereka juga mempunyai risiko mengalami komplikasi penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi dan obesitas. Hal ini diketahui setelah relawan tersebut diminta untuk menjalani pemeriksaan periodontal dan tes darah.

Para peneliti mengatakan, tanda-tanda diabetes atau pra-diabetes bisa dilihat dari berapa banyak jumlah gigi yang tanggal serta prosentase periodontal pocket (kantung pada gusi) yang dalam. Peneliti berharap dapat menerapkan pemeriksaan periodontal dalam mendiagnosis penyakit diabetes sebelum mengambil langkah yang lebih jauh.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.