Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Suriah Harus Hentikan Serangan

Kompas.com - 01/08/2011, 09:42 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sekjen PBB Ban Ki-moon pada Minggu (31/7/2011) meminta Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk menghentikan serangan militer terhadap pembangkang sehingga hampir 140 orang telah tewas, kata juru bicara PBB.

Ban mengecam keras tindakan yang dilakukan oleh Bashar, yang telah menolak melaksanakan seruan-seruan pemimpin PBB beberapa minggu.

"Sekjen sangat prihatin atas laporan-laporan dari Suriah bahwa ratusan pengunjuk rasa telah tewas dan terluka di Hama dan kota-kota lainnya, dan kota-kota di seluruh negeri," kata Juru bicara PBB Martin Nesirky.

"Dia mengecam penggunaan kekerasan terhadap penduduk sipil dan menyerukan kepada pemerintah Suriah untuk menghentikan kekerasan serangan itu sekaligus.

Ban menegaskan kembali kewajiban Suriah untuk menghormati hak asasi manusia, termasuk kebebasan melakukan demonstrasi secara damai, dan mendesak Bashar "untuk mendengarkan aspirasi penduduk yang sah."

"Sekjen mengingatkan pemerintah Suriah bahwa mereka bertanggung jawab berdasarkan hukum hak asasi manusia internasional atas semua tindakan kekerasan yang mereka lakukan terhadap penduduk sipil," kata juru bicara itu.

Para aktivis mengatakan, serangan pada Ahad di Suriah adalah salah satu serangan yang paling mematikan sejak para demonstran pertama kali turun ke jalan pada 15 Maret menuntut demokrasi reformasi.

Pasukan Suriah menewaskan hampir 140 orang, termasuk setidaknya 100 ketika tentara menyerbu Hama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com