Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Habis, Kami Kerja Lagi

Kompas.com - 31/07/2011, 08:54 WIB
Budi Suwarna & Siwi Yunita

 

 

KOMPAS.com - Pulang dari luar negeri, para tenaga kerja Indonesia membawa ”peradaban” baru. Mereka membangun rumah mentereng lengkap dengan toilet duduk, ”shower”, dan dapur bersih. Dengan cara itu, kisah sukses di tanah seberang ditegaskan.

Desa Sidamulya terasa seperti ada di ”ujung dunia”. Dari jalur pantura, perjalanan masih tersisa sekitar 18 kilometer melalui jalan desa yang sempit, berlubang, berbatu, dan berdebu. Di desa yang masuk Kecamatan Bongas, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, itu aroma kemiskinan tercium bersama aroma kesejahteraan. Rumah mentereng bersanding dengan rumah gubuk yang hampir roboh.

Rumah-rumah mentereng yang ada di desa itu hampir pasti dibangun para TKI. Ciri utamanya antara lain dinding depan rumah dan lantai dilapisi keramik warna ngejreng, mencolok. ”Kami meniru rumah-rumah majikan di Arab yang dindingnya berlapis marmer,” ujar Sanusi, warga Sidamulya yang pernah bekerja di Arab Saudi dan Taiwan.

Sanusi dan istrinya—yang juga mantan TKI—tinggal di sebuah rumah dengan dinding berlapis keramik warna merah muda. Lokasinya di depan sawah, berseberangan dengan pemakaman keramat.

Rumah Dariah tidak berdinding keramik. Namun, rumah itu tidak kalah mentereng dibandingkan dengan rumah milik TKI lainnya. Rumah tersebut dilengkapi kamar mandi modern lengkap dengan keramik dinding dan toilet duduk. Rencananya TKI yang bekerja di Taiwan itu akan memasang shower, alias keran semprot, agar dia bisa mandi di bawah guyuran air sambil bernyanyi seperti iklan sabun mandi di televisi.....

Selengkapnya, baca Harian Kompas, 31 Juli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com