Uang Habis, Kami Kerja Lagi

Kompas.com - 31/07/2011, 08:54 WIB
EditorInggried
Budi Suwarna & Siwi Yunita

 

 

KOMPAS.com - Pulang dari luar negeri, para tenaga kerja Indonesia membawa ”peradaban” baru. Mereka membangun rumah mentereng lengkap dengan toilet duduk, ”shower”, dan dapur bersih. Dengan cara itu, kisah sukses di tanah seberang ditegaskan.

Desa Sidamulya terasa seperti ada di ”ujung dunia”. Dari jalur pantura, perjalanan masih tersisa sekitar 18 kilometer melalui jalan desa yang sempit, berlubang, berbatu, dan berdebu. Di desa yang masuk Kecamatan Bongas, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, itu aroma kemiskinan tercium bersama aroma kesejahteraan. Rumah mentereng bersanding dengan rumah gubuk yang hampir roboh.

Rumah-rumah mentereng yang ada di desa itu hampir pasti dibangun para TKI. Ciri utamanya antara lain dinding depan rumah dan lantai dilapisi keramik warna ngejreng, mencolok. ”Kami meniru rumah-rumah majikan di Arab yang dindingnya berlapis marmer,” ujar Sanusi, warga Sidamulya yang pernah bekerja di Arab Saudi dan Taiwan.

Sanusi dan istrinya—yang juga mantan TKI—tinggal di sebuah rumah dengan dinding berlapis keramik warna merah muda. Lokasinya di depan sawah, berseberangan dengan pemakaman keramat.

Rumah Dariah tidak berdinding keramik. Namun, rumah itu tidak kalah mentereng dibandingkan dengan rumah milik TKI lainnya. Rumah tersebut dilengkapi kamar mandi modern lengkap dengan keramik dinding dan toilet duduk. Rencananya TKI yang bekerja di Taiwan itu akan memasang shower, alias keran semprot, agar dia bisa mandi di bawah guyuran air sambil bernyanyi seperti iklan sabun mandi di televisi.....

Selengkapnya, baca Harian Kompas, 31 Juli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.