Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

180.000 Warga Jepang Diimbau Mengungsi

Kompas.com - 30/07/2011, 09:45 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Jepang mengeluarkan imbauan pengungsian bagi lebih dari 180.000 orang di wilayah Niigata tengah dan Fukushima, Jumat (29/7/2011). Imbauan itu menyusul hujan lebat yang memicu banjir yang telah menyebabkan lima orang hilang.

Pemerintah kota Sanjo di Niigata, sekitar 200 kilometer di utara Tokyo, telah mengimbau 104.000 warganya untuk pergi ke pusat-pusat evakuasi banjir. Hujan telah membuat air tergenang sampai setengah meter di beberapa tempat sejak Rabu, kata kantor berita Jiji Press.

"Tidak ada laporan segera mengenai korban luka-luka atau tewas, tetapi kami minta warga kami supaya dievakuasi ke temat-tempat perlindungan yang telah ditentukan secepat mungkin dan tetap bersiaga," kata Ayaka Hoshi, juru bicara kota Sanjo.

Di ibu kota Prefektur Niigata itu, sekitar 72.000 orang telah minta untuk dievakuasi. Di Prefektur Fukushima, yang dekat dengan Niigata, pemerintah kota Tadami telah menyarankan semua warganya yang sebanyak 4.900 orang agar mau dievakuasi, kata Jiji. Dua pria, keduanya berusia 60-an tahun, telah hilang, menurut kantor berita itu.

Polisi di Niigata mengatakan, tiga anggota sebuah keluarga di kota Tokamachi hanyut di sungai. Dua orang ditemukan selamat, tetapi satu korban, yakni wanita berusia 93 tahun, hilang. Dua pria hilang di bagian lain Prefektur Niigata.

Beberapa pejabat meminta Pasukan Bela Diri Jepang untuk mengirim tentara guna ikut dalam pencarian warga yang hilang dan membantu mereka yang terdampar akibat tanah longsor dan banjir, lapor Jiji dan Kyodo News. Lebih dari 70.000 rumah dan bangunan di Prefektur Niigata dan Fukushima mati listrik, dan banyak rumah kebanjiran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com