Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naqsyabandiyyah Hari Ini Sudah Puasa

Kompas.com - 30/07/2011, 02:43 WIB

PADANG, KOMPAS.com Jemaah Tarekat Naqsyabandiyyah Padang, Sumatera Barat, mengawali awal Ramadhan pada hari ini, Sabtu (30/7/2011).  Berarti, sebelum adzan subuh (fajar sidiq) ini, mereka mulai sahur, setelah tadi malam melakukan shalat tarawih.

Mursyid (guru) Jemaah Tarekat Naqsyabandiyyah di Mushallah Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo, mengatakan, penetapan puasa tarekat Naqsyabandiyyah berpedoman pada bulan yang selalu dipantau tiap-tiap bulan. "Kami memastikan puasa Sabtu, dua hari lebih cepat dengan pemerintah. Karena kita melihat bulan secara mata telanjang, sedangkan pemerintah dengan teropong," ujar pria yang akrab dipanggil Buya Piri ini.

Ia memastikan sahur pertama menyambut Ramadhan 1432 Hijriah ini, akan dilakukan 18 anggota jemaah yang menjadi peserta suluk (menyucikan diri atau menempuh jalan spritual) serta sekitar 100 warga Nagari Pauh Limo dan sekitarnya.

Menurut Buya Piri, pada tanggal 22 Sya'ban, bulan tinggal separuh, dan kemarin tepat tanggal 30 Sya'ban. "Jadi hari ini awal Ramadhan," ujarnya.

Jemaah Tarekat Naqsyabandiyyah, kata Buya Piri, telah menjadi pedoman sejak seabad yang lalu. "Sepuluh hari awal tiap-tiap bulan, kami selalu berpuasa. Dalam Surat Al Fajar, sudah jelas diterangkan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com