Gerilyawan Abu Sayyaf Pancung 2 Marinir

Kompas.com - 29/07/2011, 20:41 WIB
EditorBenny N Joewono

MANILA, KOMPAS.com - Gerilyawan Abu Sayyaf di Filipina selatan memancung dua marinir dalam bentrokan senjata yang menewaskan lima tentara lainnya dan 26 orang cedera, demikian dikatakan seorang juru bicara militer, Jumat (29/7/2011).

"Gerilyawan Abu Sayyaf yang punya hubungan dengan jaringan Al Qaida memancung dua dari tujuh marinir yang tewas dalam bentrokan senjata Kamis (28/7/2011)," kata juru bicara angkatan laut Letkol Omar Tonsay kepada wartawan di Manila.

"Saya dapat mengonfirmasikan dua orang dipancung. Ini benar-benar tindakan yang kejam," kata Tonsay ketika ditanya apakah ada di antara marinir yang tewas itu dipancung.

Juru biciara militer di selatan juga mengutarakan jumlah tentara yang cedera dalam bentrokan senjata di pangkalan Abu Sayyaf pulau Jolo menjadi 26 orang, yang sebelumnya dilaporkan 21 orang.

"Sebelas marinir yang cedera diterbangkan ke rumah sakit militer di pelabuhan Zamboanga Filipina selatan, Jumat bersama dengan rekan-rekan mereka yang tewas," kata juru bicara militer wilayah itu, Letkol Randolf Cabangbang.

Ia mengatakan 30 gerilyawan juga tewas, tetapi tidak mengindikasikan bagaimana militer menentukan jumlah korban di pihak Abu Sayyaf.

Ia mengatakan pemerintah tidak menemukan satu mayatpun gerilyawan itu, kendatipun militer melaporkan mereka menguasai daerah hutan tempat bentrokan senjata itu terjadi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Abu Sayyaf, satu kelompok kecil gerilyawan didirikan tahun 1990-an dengan dana dari jaringan Al Qaida, dituduh terlibat dalam serangan teroris terburuk di negara itu.

Serangan-serangan itu termasuk pemancungan seorang turis Amerika Serikat yang diculik tahun 2001 dan banyak sandera Filipina, serta serangan bom pada satu kapal penumpang di Teluk Manila tahun 2004 yang menewaskan lebih dari 100 orang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X