Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Militer Oposisi Libya Tewas

Kompas.com - 29/07/2011, 08:08 WIB

BENGHAZI, KOMPAS.com - Seorang pemimpin militer senior oposisi Libya dalam melawan Mommar Khadafy ditembak mati oleh penyerang, Kamis (28/7/2011).

Abdel Fattah Younes adalah bagian dari kelompok yang terlibat dalam kudeta 1969 yang membawa Khadafy ke tampuk kekuasaan dan seorang menteri dalam negeri sebelum ia membelot dan menerima jabatan senior dalam kubu oposisi pada Februari lalu. "Kami telah menerima berita hari ini bahwa Younes dan dua pengawalnya telah ditembak setelah ia dipanggil untuk tampil ke hadapan komite judisial yang menyelidiki masalah militer," kata pemimpin penting oposisi Mustafa Abdel Jalil kepada wartawan di markas besar oposisi di Benghazi, Lybia timur.

Sejumlah pasukan oposisi tak nyaman dengan seorang pemimpin militer yang hingga belakangan ini sangat dekat dengan Khadafy, dan Younes terlibat dalam perselisihan mengenai kepemimpinan pasukan oposisi.

Jalil mengatakan Younes ditembak sebelum tampil di depan komite judisial dan pemimpin kelompok bersenjata yang membunuhnya telah ditangkap. Tidak jelas di mana Younes dan pengawalnya dibunuh atau bagaimana Jalil mengetahui kematian mereka. Namun, Jalil menyatakan, semua upaya telah dilakukan untuk menemukan mayat mereka.

Tak lama setelah itu, sejumlah pria bersenjata mendadak masuk ke kompleks hotel tempat Jalil berbicara dan menembakkan rentetan tembakan di udara, kata seorang wartawan Reuters.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com