Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Uganda Telan Sabu Senilai Rp 2 Miliar

Kompas.com - 28/07/2011, 18:57 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Petugas Bea dan Cukai menggagalkan upaya penyelundupan narkoba lintas negara. Ronald Ssemenda (38), warga negara Uganda, dibekuk petugas di Bandara Ngurah Rai, Bali, Senin (25/7/2011), karena ketahuan menyembunyikan sabu di dalam perutnya.

Sabu seberat 1,141 kilogram dimasukkan ke dalam 82 kapsul, lalu ditelan oleh pelaku. Nilainya diperkirakan mencapai Rp 2 miliar.

Pelaku yang baru saja tiba di Bandara Ngurah Rai setelah menempuh penerbangan Doha-Singapura-Denpasar itu menggunakan Qatar Airways yang menunjukkan gerak-gerik mencurigakan sehingga langsung menjalani pemeriksaan sinar-X. Namun, petugas tidak menemukan benda mencurigakan dalam tas pelaku.

Setelah diperiksa secara mendalam, petugas menemukan ada yang tak wajar saat memegang perut pelaku. Petugas Bea dan Cukai pun meminta pelaku untuk menjalani pemeriksaan rontgen dan CT-scan di rumah sakit, tetapi pria bertubuh besar itu menolak.

"Pelaku beberapa kali berupaya melakukan perlawanan yang cukup keras, baik secara fisik maupun argumentasi," ujar Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Ngurah Rai, I Made Wijaya, saat konferensi pers, Kamis (28/7/2011) sore.

Setelah mendapat bantuan dari jajaran Polsek KP3 Ngurah Rai, pelaku akhirnya diamankan dan dibawa ke rumah sakit untuk mengeluarkan semua barang haram tersebut. Selanjutnya, pelaku diserahkan ke Direktorat Narkoba Polda Bali untuk menjalani proses hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com