Gaun Pengantin Kate Dipamerkan di Istana Buckingham

Kompas.com - 24/07/2011, 23:07 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Gaun pengantin Kate Middleton yang dirancang Sarah Burton untuk rumah mode Alexander McQueen sedang dipamerkan secara umum dalam annual summer tour di Istana Buckingham. Tahun lalu, pameran semacam ini dikunjungi 413.000 pengunjung, sehingga tahun ini pejabat istana memperkirakan pameran yang diawali sejak Sabtu (23/7/2011) lalu tersebut akan mencetak rekor baru dalam jumlah pengunjung. Lebih dari 650.000 pengunjung diharapkan akan menyaksikan pameran ini, hingga berakhir pada 3 Oktober 2011 nanti.

Kate (29) sendiri bersama Ratu Elizabeth (85) melihat-lihat pameran tersebut Jumat (22/7/2011) lalu. Kate mengenakan gaun dengan aksen tumpuk warna gading, sedangkan Ratu mengenakan gaun bermotif bunga. Mereka mengamati gaun pengantin yang dipajang di ballroom kediaman keluarga kerajaan ini. Gaun pengantin itu diletakkan di bawah pencahayaan, di atas sebuah platform khusus. Pengunjung bisa melihat detail gaun tersebut dalam jarak beberapa meter saja, dengan membayar tanda masuk 28,5 dollar.

"Pengunjung dapat melihat contoh yang baik untuk busana Inggris," kata kurator pameran ini, Caroline de Guitaut. "Seberapa banyak detail-nya, dan seberapa rumit pengerjaan yang dibutuhkan untuk gaun ini. Keindahannya memang terletak pada detail-nya."

Kerudung dan ekor gaun pengantin yang panjangnya hampir 3 meter, yang menjuntai indah di tangga dan lorong gereja Westminster Abbey juga bisa dilihat. Meskipun cukup dramatis, ekor gaun ini masih kalah bila dibandingkan dengan ekor gaun pengatin Putri Diana yang mencapai 7,6 meter. 

Selain gaun pengantin, sejumlah aksesori yang dikenakan Kate pada hari pernikahannya akhir April lalu juga dipamerkan. Misalnya, sepatu pengantin yang dikerjakan dengan tangan oleh tim Alexander McQueen. Sepatu berukuran 8 dengan hak setinggi 7,5 cm tersebut dibuat dari bahan satin dan lace. Lalu ada replika hand bouquet dengan bunga dari bahan sutera yang dirancang oleh florist Shane Connolly.

Di ruang makan istana, dipamerkan juga wedding cake delapan tingkat, yang dihias dengan 900 bunga dan dedaunan, lengkap dengan potongan pertama yang dilakukan oleh Pangeran William. Jejak potongan ini dapat dilihat pada dasar kue, persis seperti yang terlihat saat resepsi perkawinan pada 29 April lalu. Namun tiga tingkat teratas sudah diganti dengan replika oleh Fiona Cairns, pembuat cake tersebut. Sebab, kedua pengantin sudah menyimpan dua tingkat teratas untuk memelihara tradisi menyimpan kue untuk disajikan di acara pembaptisan putra pertama mereka kelak. Sedangkan bagian ketiganya sudah dimakan pada perayaan pernikahan mereka.

Untuk penampilannya di hari pernikahan, Kate dikabarkan menerima pinjaman dari Ratu Elizabeth, seperti tiara Cartier tahun 1936. Tiara ini juga dipamerkan, begitu pula anting berlian Robinson Pelham yang merupakan hadiah dari orangtua Kate. Kemudian, ada pula mobil Rolls-Royce Phantom VI dan kereta State Landau 1902 yang membawa Kate dan William dari Westminster Abbey menuju Istana Buckingham.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X