Breivik Rencanakan Serangan sejak 2009

Kompas.com - 24/07/2011, 10:41 WIB
EditorKistyarini

OSLO, KOMPAS.com - Pelaku penembakan brutal yang menewaskan 92 orang di Norwegia, Anders Behring Breivik (32), merencanakan serangan itu sejak 2009.

Hal itu terungkap dalam dokumen internet terdiri 1.500 halaman yang diduga ditulis sendiri oleh Behring Breivik yang kini disita polisi.

Dalam dokumen, yang sebagian berupa catatan harian (diari), cara membuat bom, dan kata-kata kasar berbau politik, dia menjelaskan bagaimana dia membuka bisnis pertambangan dan pertanian untuk menyiapkan serangan itu.

"Pertimbangan atas keputusan (mendirikan bisnis pertambangan dan pertanian) itu adalah untuk menciptakan alasan kredibel seandainya saya ditangkap terkait pembelian dan penyelundupan bahan peledak atau komponen untuk bahan peledak, pupuk," bunyi catatan itu.

"Ia mengaku bertanggung jawab," kata pengacaranya, Geir Lippestad kepada stasiun televisi itu Norwegia, NRK.

"Ia menjelaskan itu kejam tetapi ia harus melakukan tindakan ini," kata Lippestad. Ditambahkannya, serangan tersebut "tampak sudah lama direncanakan".

Behring Breivik menjadi tersangka utama penembakan membabi buta di acara perkemahan pemuda Partai Buruh di Pulau Utoeya, tak jauh dari Oslo, Jumat (22/7/2011).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejauh ini jumlah korban tewas mencapai 92 orang. Jumlah itu kemungkinan bertambah. Pihak berwenang masih mencari empat hingga lima orang yang dilaporkan hilang dari pulau itu.

Kepala kepolisian Norwegia Sveinung Sponheim mengatakan pihaknya masih menyelidiki kemungkinan adanya penembak kedua di pulau itu, seperti yang diungkap para saksi mata.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X