Saudi Tarik Tentara dari Bahrain

Kompas.com - 24/07/2011, 08:28 WIB
EditorKistyarini

MANAMA, KOMPAS.com - Arab Saudi telah mulai menarik sebagian tentaranya di Bahrain, kata kantor berita negara Bahrain BNA, Sabtu (23/7/2011), menyusul laporan Saudi mungkin mengirim lebih banyak tentaranya ke negara pulau Teluk yang kini dilanda kekacauan itu.

Pasukan keamanan dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UAE) dikirim ke Bahrain pada pertengahan Maret lalu untuk membantu membersihkan jalan dari para pemrotes yang telah melakukan demonstrasi sejak Februari.

Tentara itu adalah bagian dari pasukan Perisai Semenanjung yang dibentuk negara-negara Arab Teluk untuk pertahanan bersama mereka.

"Pasukan Perisai Semenanjung hadir dalam reposisi unit-unit militer tertentu Bahrain ... sebagai bagian dari operasi rutin," kata seorang pejabat pertahanan Bahrain sebagaimana dikutip oleh BNA.

Pada Jumat (22/7/2011), puluhan ribu orang berunjuk rasa untuk mendukung kelompok oposisi Syiah terbesar di Bahrain setelah mereka menarik diri dari dialog pembaruan nasional yang dipimpin pemerintah awal pekan ini.

Dialog itu diprakarsai oleh penguasa Sunni kerajaan Teluk itu setelah tindakan keras empat bulan yang mulai Maret untuk menghancurkan demonstrasi prodemokrasi pimpinan mayoritas Syiah selama beberapa pekan.

Pada akhir Juni, sumber pemerintah menyatakan Arab Saudi akan menarik sebagian besar dari 1.000 tentaranya dari Bahrain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan darurat, diterapkan Maret, telah dicabut pada Juni lalu.

Penguasa Sunni Bahrain telah menuduh demonstran mendesakkan agenda sektarian dengan dukungan kekuatan Syiah Iran.

Bahrain, tempat Armada Kelima Amerika Serikat juga dipangkalkan, mengatakan mereka telah meminta bantuan (tentara Arab Saudi dan UAE), sesuai dengan pakta pertahanan antara negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), yang juga mencakup Kuwait, Oman dan Qatar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X