Sekjen PBB Bersimpati Pada Norwegia

Kompas.com - 23/07/2011, 08:21 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

PBB, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon Jumat menyatakan terkejut dengan serangan-serangan yang menewaskan sedikitnya 17 orang tewas di Norwegia, mengutuk kekerasan dan menyampaikan belasungkawa.

"Sekjen terkejut mengetahui tentang ledakan besar di pusat Oslo," kata juru bicara Sekjen PBB Martin Nesirky. "Dia mengutuk kekerasan dan menyatakan belasungkawa kepada pemerintah Norwegia serta keluarga korban. "PBB berdiri bersama-sama dengan orang-orang Norwegia, ini peristiwa yang sangat mengerikan," tambahnya.

Kelompok militan meledakkan bom kembar dan serangan penembakan di Norwegia pada Jumat, pada saat satu ledakan mengoyak gedung-gedung pemerintah di Oslo dan seorang pria bersenjata melepaskan tembakan pada seorang pemuda di pertemuan partai yang memerintah di Utoeya, sebuah pulau dekat Oslo.

Bahan peledak yang tak meledak juga ditemukan di pulau itu, kata pejabat komisaris kepolisian Oslo, Sveinung Sponheim. Menurut Sponheim, ledakan dekat markas pemerintah Norwegia menewaskan tujuh orang, sembilan lainnya luka parah, dan penembakan yang terjadi di Utoeya menewaskan 10 orang. Namun dia memperingatkan jumlah korban tersebut bisa meningkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X