Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS-ASEAN Bahas Senjata Nuklir

Kompas.com - 22/07/2011, 15:23 WIB

NUSA DUA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton melakukan pertemuan dengan ASEAN dalam ASEAN Ministers Meeting ke-44 di Nusa Dua, Bali, Jumat (22/7/2011). Selain masalah keamanan dan ekonomi, pertemuan ini membahas perjanjian bebas senjata nuklir di kawasan Asia Tenggara.

Isu nuklir menjadi salah satu agenda penting khususnya perjanjian dan kesepakatan Asia Tenggara bebas senjata nuklir. Kesepakatan yang dicapai dalam Pertemuan Tingkat Menlu Komisi Perjanjian Zona Bebas Senjata Nuklir (SEANWFZ Comission) merupakan langkah maju ASEAN untuk berkontribusi dalam perdamaian dan keamanan internasional.

Tak hanya di bidang politik, AS dan ASEAN juga akan meningkatkan kerja sama dalam bidang keamanan, seperti kontrateroris, perdagangan narkotika, penyelundupan manusia, pencucian uang, dan kejahatan antarnegara lainnya.

Dalam kesempatan ini, AS dan ASEAN juga melakukan diskusi mendalam soal partisipasi AS di KTT Asia Timur, November mendatang. Kedua belah pihak membahas rekomendasi kepala negara yang hadir dalam KTT tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com