Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelaparan, Puluhan Ribu Tewas

Kompas.com - 21/07/2011, 06:03 WIB

NAIROBI, KOMPAS.com — PBB menyatakan telah terjadi kelaparan di dua daerah di Somalia selatan, dan puluhan ribu warga telah tewas akibat kelaparan itu. Dalam dua bulan dari sekarang, wabah kelaparan yang mematikan akan meluas kalau para donor tidak turun tangan untuk membantu.

Mark Bowden, Koordinator Bantuan Kemanusiaan PBB untuk Somalia, mengatakan, daerah Bakool dan Lower Shabelle terkena wabah kelaparan terburuk dalam 20 tahun dan bisa menyebar ke delapan kawasan lain.

PBB memerlukan 300 juta dollar AS. Wabah seburuk ini terjadi tahun 1992 ketika ratusan ribu orang Somalia tewas akibat kelaparan, yang mendorong intervensi pasukan penjaga perdamaian internasional. Namun, pasukan itu akhirnya ditarik setelah dua helikopter Black Hawk AS ditembak jatuh tahun 1993.

Al Shabaab melarang

Di seluruh Afrika Timur, lebih dari 10 juta orang memerlukan bantuan. ”Keadaan menyedihkan ini memerlukan tindakan darurat,” kata Bowden.

Definisi wabah kelaparan adalah julukan ketika dua orang dewasa atau empat anak-anak dari setiap 10.000 orang tewas setiap hari karena kelaparan dan sepertiga anak-anak mengalami kurang gizi akut. Di beberapa area Somalia, enam orang tewas setiap hari dan lebih dari setengah anak-anak mengalami kurang gizi akut.

Penyebabnya,...............(selengkapnya baca Harian Kompas, Kamis 21 Juli 2011, halaman 10).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com