Giliran Australia Hadang Murdoch

Kompas.com - 20/07/2011, 18:52 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Perdana Menteri Australia Julia Gillard terkesan geram dengan tindak-tanduk bisnis konglomerat media Rupert Murdoch. Menurut warta AP dan AFP pada Rabu (20/7/2011), Gillard mengaku terganggu dengan kasus penyadapan telepon oleh media massa milik Murdoch itu di Inggris. "Di Australia, dia akan menghadapi pertanyaan sulit," kata Gillard.

Di Negeri Kanguru, ada kelompok Green yang menentukan perimbangan kekuasaan di majelis tinggi. Kelompok ini mendesak adanya penyelidikan parlemen terhadap News Limited, perusahaan Murdoch di Australia. Serikat wartawan Australia mendukung desakan pimpinan partai Green Bob Brown bagi dilakukannya penyelidikan.

Sebelumnya, Murdoch muncul di dewan parlemen Inggris, Selasa (19/7/2011) kemarin. "Saat orang melihat telepon disadap, saat orang menyaksikan pihak-pihak yang berduka harus menghadapi ini, maka saya berpikir mereka harus menjawab sejumlah pertanyaan di negara kami," kata Gillard kepada sejumlah wartawan di New South Wales.

"Jelas News Limited bertanggung jawab untuk menjawab berbagai pertanyaan," imbuh Gillard.

Selanjutnya, Gillard mengatakan kepada Partai Green kalau dirinya siap merundingkan dilakukannya penyelidikan praktik perusahaan Murdoch di Australia. Tetapi, dia tidak ingin segera menyimpulkan sesuatu. "Saya tidak ingin terus-menerus mengomentari, tetapi saya yakin warga Australia... mengamati News Limited di sini dan menginginkan News Limited menjawab berbagai pertanyaan sulit," katanya.

Perusahaan tersebut mendominasi media Australia karena menguasai 70 persen pembaca koran dan merajai televisi, internet, dan media lain.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.