Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perompak Bebaskan Kapal Yunani

Kompas.com - 20/07/2011, 11:21 WIB

ATHENA, KOMPAS.com — Perompak membebaskan kapal tanker minyak Yunani yang mereka bajak Sabtu lalu di lepas pantai Nigeria, kata Pemerintah Yunani, Selasa (19/7/2011).

Sebanyak 20 anak buah kapal Aegean Star, yang berbendera Liberia, selamat dan berada dalam kondisi sangat sehat. Sementara kapal tersebut dijadwalkan merapat di Pelabuhan Tema, Ghana, kata Kementerian Perlindungan Warga Yunani dalam satu pernyataan yang dikutip Xinhua.

Tanker tersebut, milik perusahaan pelayaran Yunani, Endeavour Marine Agency, dibajak perompak ketika berada di jarak 55,6 kilometer dari pantai Nigeria. Kapal tersebut sedang mengangkut bahan bakar dari Ghana menuju Benin saat pembajakan terjadi.

Para pejabat Yunani tak memberi komentar mengenai apakah tebusan dibayarkan dalam pembebasan segera kapal tersebut dan awaknya.

Perompakan telah membuat industri pelayaran internasional menderita kerugian 7 miliar-12 miliar dolar AS per tahun, demikian menurut sebuah survei tahun 2010. Perusahaan pelayaran Yunani menempati urutan ketiga secara global dalam kerugian akibat perompakan itu. Lebih dari 10 persen dari 445 serangan yang dilaporkan pada tahun 2010 terjadi pada kapal milik Yunani dan sejumlah tebusan telah dibayarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com