835 Pemuda Dibui karena Lempari Batu

Kompas.com - 19/07/2011, 11:06 WIB
EditorKistyarini

YERUSALEM, KOMPAS.com - Israel, dalam lima tahun terakhir, telah menangkap 835 pemuda Palestina karena melempar batu, menjatuhkan hukuman penjara pada sebagian besar dari mereka, demikian menurut sebuah kelompok hak asasi manusia dalam laporan, Senin (18/7/2011).

Kelompok Israel B’Tselem mengatakan militer telah menganiaya dan melanggar hak asasi manusia para pemuda itu, sebagian besar berusia antara 16-17 tahun, tapi beberapa masih berusia 12-13 tahun. Masa hukuman penjara mereka berkisar dari beberapa hari hingga satu tahun. Mereka itu ditangkap antara 2005 dan 2010.

Laporan itu, berdasarkan pada kasus-kasus pengadilan dan wawancara, menyebut bahwa hukum militer Israel yang diterapkan pada warga Palestina di daerah pendudukan Tepi Barat tidak memberi perlindungan yang sama pada orang-orang yang belum dewasa seperti undang-undang di Israel dan undang-undang di negara lain.

Militer Israel menyatakan laporan itu berat sebelah, mengatakan bahwa mereka telah mengabaikan fakta bahwa anak-anak yang belum dewasa sering diekploitasi oleh kelompok gerilyawan dengan cara yang melanggar hukum internasional.

Militer Israel telah membentuk pengadilan khusus untuk menangani kasus-kasus yang melibatkan orang-orang yang belum dewasa dan untuk membantu memperbaiki perlindungan hak-hak mereka, meski B’Tselem menyatakan pengadilan hanya menimbulkan perubahan terbatas.

Para pemuda di Tepi Barat sering ditangkap oleh pasukan Israel karena melemparkan batu dalam protes atau bentrokan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.