China Kecam Pertemuan Obama-Dalai Lama

Kompas.com - 17/07/2011, 04:06 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

BEIJING, Kompas.com - China mengecam Washington, Minggu (17/7/11), setelah Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyambut Dalai Lama di Gedung Putih. China mengatakan, pertemuan itu telah merusak hubungan antara kedua negara.

"Tindakan itu dengan nyata telah mencampuri urusan dalam negeri China, melukai perasaan rakyat China dan merusak hubungan orang China-Amerika," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Ma Zhaoxu, dalam sebuah pernyataan tertulis, seperti yang ditulis kantor berita Xinhua.

Pertemuan Obama dengan pemimpin spiritual Tibet pada Sabtu (16/7/11) itu hanyalah urusan kecil, yang diadakan jauh dari Oval Office, tempat presiden secara tradisional menemui para pemimpin dunia.

China menganggap Dalai Lama sebagai seorang "pemecah" yang cenderung untuk memecah-belah China, dan secara tetap memprotes terhadap pertemuan-pertemuannya di luar negeri.

"Kami minta pihak Amerika untuk dengan serius mempertimbangkan sikap China, dengan segera mengadopsi langkah-langkah untuk membersihkan dampak terkutuk itu, menghentikan campur tangan dalam urusan dalam negeri China serta berhenti untuk berkomplot dan mendukung kekuatan separatis anti-China yang mengusahakan ’kemerdekaan Tibet’," kata Ma dalam sebuah pernyataan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.