Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudan Selatan Resmi Anggota Ke-193 PBB

Kompas.com - 15/07/2011, 08:23 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Kamis, mengakui Sudan Selatan sebagai anggota ke-193 PBB. Pengakuan tersebut memperkuat kemerdekaan negara baru di Afrika itu setelah beberapa dasawarsa terlilit konflik.

Persetujuan majelis itu, dengan aklamasi, menyusul upacara kemerdekaan Sudan Selatan di ibu kota Juba, Sabtu lalu, setelah rakyatnya memutuskan dalam referendum Januari tahun ini untuk memisahkan diri dari Sudan, sebuah keputusan yang telah diterima Khartoum.

Tepuk tangan meledak di Majelis Umum ketika Sudan Selatan menjadi negara pertama yang bergabung dengan badan dunia itu sejak Montenegro tahun 2006. "Selamat datang, Sudan Selatan. Selamat datang ke masyarakat negara-negara," kata Sekjen PBB Ban Ki-moon. Presiden Majelis Joseph Deiss menyatakan, masuknya Sudan Selatan ke PBB merupakan "momen bersejarah dan menggembirakan".

Sudan menjadi negara merdeka tahun 1956, tetapi lama dilanda konflik antara wilayah utara yang sebagian besar masyarakatnya Muslim dan berbicara dalam bahasa Arab dengan wilayah selatan yang terdiri atas masyarakat Afrika hitam dan umumnya beragama Kristen atau mengikuti kepercayaan tradisional. Dewan Keamanan, yang berhak memutuskan semua permintaan keanggotaan PBB, telah merekomendasikan, Rabu, agar Majelis Umum mengakui Sudan Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com