Buruh Sawit Mogok

Kompas.com - 13/07/2011, 10:29 WIB
EditorKistyarini

BANGKA TENGAH, KOMPAS.com — Ratusan buruh pabrik sawit PT Swarma Nusa Sentosa di Bangka Tengah, Rabu (13/7/2011), mogok. Mereka menuntut perusahaan merealisasikan perjanjian kerja.

Salah seorang buruh, Erwin, mengatakan, para buruh sudah beberapa kali menandatangani perjanjian dengan perusahaan. Dalam perjanjian itu antara lain dibahas soal uang pensiun, pengangkatan menjadi karyawan tetap, dan kejelasan upah.

"Kami sudah menuntut hak normatif sejak akhir tahun lalu. Sudah beberapa kali perjanjian ditandatangani antara perwakilan perusahaan dan perwakilan pekerja. Sampai sekarang, tidak ada realisasi," ujarnya di Bangka Tengah.

Para pekerja akhirnya memutuskan mogok. Mereka belum memastikan sampai kapan pemogokan dilakukan. "Kami akan menghentikan aktivitas sampai hak-hak normatif kami dipenuhi. Apa yang kami tuntut sesuai undang-undang, tidak berlebihan," ujarnya.

Saat ini ratusan pekerja itu berkumpul di luar pabrik. Gerbang pabrik dikunci dan dijaga sejumlah satpam. Sebagian satpam menyatakan, perwakilan manajemen yang sedang di pabrik tengah rapat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X