Obama Dipastikan ke Bali, November

Kompas.com - 13/07/2011, 10:14 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan ikut serta dalam Pertemuan Puncak Asia Timur (East Asia Summit/EAS) yang beranggotakan 18 negara di Bali, akhir tahun ini, kata Departemen Luar Negeri AS, Selasa (12/7/2011).

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton akan datang ke Indonesia akhir bulan ini guna mempersiapkan "partisipasi Presiden Obama untuk pertama kalinya dalam EAS pada November", kata juru bicara Deplu AS, Victoria Nuland. Seorang pejabat lokal di Bali, Mei lalu, mengatakan, pulau itu telah siap untuk menyambut Obama pada 19 November.

Juru bicara Pemerintah Provinsi Bali, Ketut Teneng, mengatakan, Dubes AS Scot Marciel telah memberi tahu pemerintah daerah itu mengenai keinginan Obama untuk menghadiri dialog strategis regional tersebut, yang juga mencakup China dan Rusia. Rencana kunjungan itu akan menjadi kunjungan resmi kedua Obama ke Indonesia, tempat ia telah menghabiskan sebagian dari masa kanak-kanaknya pada akhir 1960-an. Obama melakukan kunjungan pertama sebagai Presiden AS pada November lalu.

Indonesia akan menjadi tuan rumah pembicaraan regional dalam kapasitasnya sebagai pemimpin ASEAN, kelompok 10 negara yang membentuk EAS yang lebih luas. AS dan Rusia masuk ke EAS yang beranggotakan 18 negara tahun lalu, tetapi Obama tidak menghadiri pertemuan para pemimpin kelompok itu di Hanoi pada Oktober lalu. Obama hanya mengirim Hillary Clinton untuk menggantikan dirinya.

Presiden China Hu Jintao juga diperkirakan akan menghadiri pertemuan puncak itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X