Ahmad, Adik Presiden Afghanistan Dibunuh

Kompas.com - 12/07/2011, 19:22 WIB
EditorBenny N Joewono

KANDAHAR, KOMPAS.com - Ahmad Wali Karzai, saudara kandung Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan salah satu dari orang paling berkuasa di Afghanistan selatan, dibunuh pada Selasa (12/7/2011). Diduga, pembunuhan Ahmad Karzai didalangi oleh salah satu pengawal pribadinya, demikian dikatakan para pejabat.

"Saya menegaskan bahwa Ahmad Wali dibunuh di dalam rumahnya," kata Zalmay Ayoubi, juru bicara gubernur provinsi Kandahar, di mana Ahmad Wali Karzai tinggal dan sebagai kepala dewan provinsi.

Abdul Sayedzada Ghafar, kepala departemen kontra-terorisme di Kementerian Dalam Negeri mengatakan, pembunuhan itu mungkin perbuatan seseorang dari dalam lingkaran Ahmad Wali Karzai.

"Tampaknya Ahmad Wali Karzai telah dibunuh oleh salah seorang pengawal, dan tidak ada seorang pun dari luar yang terlibat," katanya.

Ahmad Karzai beberapa kali lolos dari upaya pembunuhan dalam beberapa tahun belakangan ini. Sebagai saudara presiden, Ahmad Karzai dikenal merupakan broker-kekuasaan penting, yang membantu menopang pengaruh saudaranya di Afghanistan selatan.

Dia juga dituduh korupsi dan punya hubungan dengan perdagangan besar opium Afghanistan, yang membantu mendanai pemberontakan Taliban. Tetapi Ahmad Wali Karzai membantah tuduhan itu.

PBB mengatakan dalam laporan per kuartal terbaru, lebih dari setengah kasus pembunuhan yang terjadi di seluruh Afghanistan sejak Maret, berada di Kandahar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.