Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Peluru Taliban Tembus 2 Tentara Inggris

Kompas.com - 09/07/2011, 09:20 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Sebutir peluru yang dilepaskan penembak jitu Taliban menewaskan dua tentara Inggris sekaligus di Nad-e Ali, salah satu wilayah paling berbahaya di Afghanistan selatan. Hal itu diungkap dalam sebuah pemeriksaan resmi militer Inggris, Jumat (8/7/2011).

Kedua serdadu yang tewas itu diketahui bersahabat, yakni Lewis Hendry (20) dan Conrad Lewis (22). Keduanya bertugas menemukan sarang-sarang musuh dan menenteramkan warga sebuah desa kecil ketika pasukan mereka diserang.

Hendry dan Lewis merunduk di balik dinding saat sebutir peluru meluncur ke arah mereka. Hendry tertembak di kepala. Peluru itu menembus kepala Hendry dan mengenai leher Lewis.

Lewis dinyatakan tewas di tempat, sementara Hendry sempat diterbangkan dengan helikopter ke pangkalan udara di Kandahar. Namun, Hendry meninggal dalam perjalanan.

Penembak jitu merupakan salah satu ancaman terbesar tentara Sekutu di Afganistan.

Laporan intelijen menyebut, penembak jitu Taliban itu seorang mantan anggota Mujahidin berusia 55 tahun. Dia menggunakan senjata laras panjang lawas Enfield produksi Inggris.

Sniper yang digambarkan sebagai "pembunuh paling terlatih dan paling sabar" itu biasa berkeliling dengan motornya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com