Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Jatuh Tewaskan 46 Orang

Kompas.com - 09/07/2011, 07:15 WIB

KINSHASA, KOMPAS.com — Sedikitnya 46 orang tewas ketika sebuah pesawat jatuh saat akan mendarat dalam hujan deras di Republik Demokratik Kongo timur, Jumat, kata perusahaan penerbangannya.

Pesawat komersial yang dioperasikan oleh Hewa Bora Airways dan membawa 118 penumpang dan awak itu jatuh di Bandara Kisangani di wilayah timur laut negara itu.

"Kami telah menemukan 44 mayat dan ada 2 orang terluka yang meninggal di rumah sakit sehingga jumlah korban tewas menjadi 46 orang," kata Direktur Utama Hewa Bora Stavros Papaioannnou. Menurut dia, jumlah korban bisa bertambah.

Pemimpin perusahaan penerbangan itu mengatakan, para awak Boeing 727 tersebut termasuk di antara yang tewas. Sebanyak 53 orang selamat dalam kecelakaan itu. Belum ada penjelasan mengenai nasib 19 orang lain yang naik pesawat itu sejauh ini.

"Mereka telah tiba di Kisangani, ada cuaca buruk, mereka berusaha mendarat tanpa mencapai lancasan pacu," ujarnya.

Papaioannnou mengatakan, hujan lebat pada waktu itu mengganggu operasi pertolongan.

Pesawat itu dalam rute komersial reguler dari Kinshasa ke Kisangani dan Goma ketika pesawat itu dihantam oleh badai saat mendekati bandara, Lambert Mende, seorang juru bicara pemerintah setempat, menuturkan.

Gulungan asap hitam terlihat di ujung landasan pacu, seorang wartawan AFP melaporkan. Namun, penerbangan-penerbangan yang ditangguhkan setelah kecelakaan itu telah dimulai lagi dalam waktu singkat.

Hewa Bora menyatakan, pesawat itu membawa 112 penumpang dan 5 awak yang terdiri atas 3 pilot, 2 pramugari, dan 1 mekanik.

Kecelakaan pesawat acapkali terjadi di Kongo. Penyebabnya adalah kebanyakan pesawat sudah tua, kurang perawatan, diabaikannya aturan keselamatan, serta cuaca buruk.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com