Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Mau Adopsi Obama?

Kompas.com - 08/07/2011, 15:31 WIB

BOSTON, KOMPAS.com - Barack H Obama, ayah Presiden Amerika Serikat Barack Obama, ternyata pernah berencana menyerahkan putranya yang masih di dalam kandungan, untuk diadopsi. Harian Boston Globe melaporkan, Kamis (7/7/2011), Obama senior menyatakan hal pada pejabat imigrasi federal pada 1961.

Saat itu Obama senior masih berstatus mahasiswa di Universitas Hawaii. Dia mengungkap rencananya itu dalam sebuah wawancara dengan petugas imigrasi yang mempertanyakan "tingkah laku playboy" Obama.

Boston Globe mengutip pernyataan salah seorang petugas imigrasi yang mewawancarai Obama senior.

"Istri subjek (Obama senior) hamil dan meskipun terikat tali pernikahan mereka tidak hidup bersama dan Miss Dunham (ibu Obama) sedang berbicara dengan Bala Keselamatan untuk menyerahkan bayinya," seperti tertuang dalam memo yang ditulis Lyle H Dahling, petugas administrasi di Honolulu yang kemudian menghubungi Layanan Imigrasi dan Naturaliasi Amerika Serikat.

Menurut wartawan Boston Globe, Sally Jacobs, ada beberapa alasan hingga Ann Dunham, ibu Obama, mempertimbangkan untuk menyerahkan putranya agar diadopsi, seperti yang diakui Obama dalam memoarnya "Dreams from My Father".

Keluarga dan sahabat Dunham membantah laporan Boston Globe bahwa Dunham ingin menyerahkan anaknya. Mantan juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs melontarkan menyatakan bantahan senada. Kepada Jacobs, Gibbs menegaskan Presiden Obama "sangat yakin" ibunya tidak pernah berbicara dengan pihak Bala Keselamatan untuk menyerahkan dirinya.

Jacobs menulis buku tentang Barack Obama senior yang diberi judul "The Other Barack: The Bold and Reckless Life of President Obama's Father. Buku ini rencananya diluncurkan 12 Juni 2011.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com