Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yingluck Bakal Duduki Kursi Perdana Menteri

Kompas.com - 04/07/2011, 03:24 WIB

Bangkok, Kompas - Thailand hampir pasti akan memiliki perempuan pertama di kursi perdana menteri setelah hari Minggu (3/7), partai oposisi Puea Thai yang dipimpin Yingluck Shinawatra—adik PM tersingkir, Thaksin Shinawatra—menang telak, menurut hasil sementara pemilihan umum.

Wartawan Kompas, Wisnu Dewabrata, melaporkan dari markas Partai Puea Thai (Partai untuk Thailand) di Jalan Raya Sukhumvit, Bangkok, Minggu sore, Yingluck yang bergaun warna ungu terang disambut bak bintang musik rock oleh pendukungnya. Ia dielu-elukan meskipun kemenangan resmi belum diumumkan Pemerintah Thailand.

”Saya tak ingin mengatakan ini kemenangan saya dan Partai Puea Thai. Namun, saya lebih mengartikan ini sebagai rakyat yang memberi saya kesempatan (untuk memimpin) dan saya akan laksanakan tugas sebaik mungkin untuk kepentingan rakyat,” kata wanita pengusaha berusia 44 tahun, disebut-sebut berwajah fotogenik, pendatang baru dalam politik, dan bungsu dari tujuh bersaudara Shinawatra ini kepada pendukungnya.

Dari penghitungan 94 persen suara, hasil yang didapat dari Komisi Pemilihan Umum Thailand menunjukkan bahwa Partai Puea Thai pimpinan Yingluck sudah meraih 261 dari 500 kursi parlemen. Jauh melebihi mayoritas yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan. Sementara partai berkuasa, Partai Demokrat, yang dipimpin PM Abhisit Vejjajiva, hanya meraih 162 kursi. Hari Minggu malam PM Abhisit juga sudah mengungkapkan pengakuan kekalahannya dengan menyatakan ia kini ”siap menjadi oposisi”.

Pemilu Thailand ini merupakan yang ke-26 sejak negeri ini menjadi negara demokrasi pada tahun 1932, mengakhiri tujuh abad pemerintahan monarki absolut. Sejak itu 17 konstitusi dijalani Thailand dan terjadi 18 kudeta militer—terakhir terjadi tahun 2006, yang melengserkan pebisnis telekomunikasi Thaksin, dengan partainya, Thai Rak Thai, dari kursi PM. Thaksin kabur dan dijatuhi vonis penjara dua tahun in absentia. Kini ia hidup di pengasingan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Partai Puea Thai, yang baru dibentuk tahun 2008 dan saat ini dipimpin adik Thaksin, Yingluck, disebut-sebut sebagai jelmaan baru Partai Thai Rak Thai. Thai Rak Thai adalah satu-satunya partai yang berhasil memenangi pemilu dua kali berturut-turut dalam sejarah, tahun 2001 dan 2005. Thai Rak Thai dibubarkan oleh pengadilan setelah kudeta militer 2006 dengan tuduhan kecurangan. (AP/AFP/Reuters/sha)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com