Jerman Akan Kurangi 500 Tentara

Kompas.com - 03/07/2011, 05:49 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

BERLIN, Kompas.com - Jerman akan mengurangi jumlah tentaranya di Afghanistan sekitar 500 personil dari 4.800 personel pasukannya sekarang, pada akhir tahun ini. Demikian pernyataan kepala staf angkatan bersenjata Jerman, dalam wawancara yang akan disiarkan Ahad.

Volker Wieker, inspektur jendral Bundeswehr, mengatakan pada radio Deutschlandfunk bahwa Jerman mengharapkan untuk mengurangi kontingennya dengan sekitar jumlah tentara yang sama.

"Itu kerangka kerja yang akan dipertimbangkan," kata Wieker, menurut sebuah kutipan wawancara yang dikeluarkan Sabtu.

Ia mengatakan, bagaimanapun, jumlah terakhir itu akan tergantung pada berapa banyak tentara AS yang akan mundur dari Aghanistan utara, tempat tentara Jerman bermarkas.

Jerman, penyumbang tentara terbesar ketiga, sebelumnya mengatakan mereka mengharapkan untuk mulai menarik tentara dari Afghanistan pada akhir 2011. Tetapi mereka tidak menyebutkan jumlahnya atau batas waktu penarikan sepenuhnya.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan pada Juni bahwa ia merencanakan untuk menarik 33.000 tentara dari 100.000 tentaranya pada akhir musim panas mendatang. Wieker menyatakan target AS itu ambisius, dan menambahkan: "Seorang dapat memperkirakan kerangka waktu sedikit lebih lama untuk itu".

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X