Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembok Berlin

Kompas.com - 03/07/2011, 05:18 WIB

Suara penari Nungki Kusumastuti (52) terdengar sayup-sayup dari gedung AdmiralsPalast Theater, yang terletak di tengah-tengah kota Berlin, Jerman, Rabu (29/6) siang waktu setempat. Ia berkabar sedang mengikuti lawatan Jakarta-Berlin Art Festival.

”Sekarang sedang jelang geladi untuk pertunjukan malam. Deg-degan...,” katanya.

Bahkan, tambahnya, bertugas sebagai show director jauh lebih gugup ketimbang dulu ketika ia masih aktif menari di luar negeri. Tugas utamanya di Berlin bersama IKJ Dance Company adalah mendekatkan budaya Indonesia dengan masyarakat Jerman. Makanya, kelompok ini membawakan tarian seperti jali-jali, tari piring, topeng tiga, dan zapin. ”Kita juga ajak pakar zapin, Tom Ibnur,” cerita Nungki.

Nah, di luar pentas, dosen Institut Kesenian Jakarta yang juga bintang film ini sempat mengunjungi Tembok Berlin. ”Eh, jangan bilang-bilang aku tuliskan namaku di sana, ha-ha-ha...,” katanya dengan tawa berderai.

Mungkin ia juga sambil tersenyum mengingat masa-masa remaja saat suka menorehkan namanya di batang pohon. Tentu bersama nama seseorang lain, yang.... (CAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com