Bentrok di Taez Tewaskan Empat Tentara

Kompas.com - 03/07/2011, 02:37 WIB
EditorJosephus Primus
SANAA, KOMPAS.com - Empat tentara Garda Republik Yaman tewas dan empat yang lain terluka dalam bentrokan Sabtu (2/7/2011) di Taez di selatan Sanaa dengan orang-orang bersenjata anti-rezim. Bnetrok itu juga melukai yang empat dari mereka, menurut saksi dan sumber suku.     Pertempuran antara tentara Garda dan "para pembela revolusi" yang menentang Presiden Ali Abdullah Saleh itu mulai Sabtu pagi dan masih berlangsung pada malam harinya, kata beberapa saksi.     Bentrokan itu meletus ketika tentara Garda berusaha untuk masuk sebuah daerah baru di utara Taez, kata mereka. Enam rumah hancur dalam pertempuran itu.     Taez telah menjadi pusat demonstrasi yang meminta pengunduran diri Saleh, yang telah berkuasa sejak 1978.     Kantor hak asasi manusia mengatakan bahwa lebih dari 50 orang tewas di kota terbesar kedua Yaman itu dalam penumpasan terhadap demonstran dalam beberapa hari pada akhir Mei.     Kemudian pada awal Juni, seorang kepala suku terkemuka mengatakan para pembangkang bersenjata telah merebut kekuasaan di sebagian besar Taez, menyusul bentrokan dengan tentara yang setia pada Saleh. "Saya memperkirakan Taez akan jatuh dalam kekuasaan" para pembangkang itu, kata Sheikh Hammoud Saeed al-Mikhlafi, kepala dewan suku di Taez pada AFP melalui telpon.     Ia mengatakan bahwa orang-orang bersenjata suku telah dikerahkan di kota itu untuk melindungi demonstran (anti-rezim) yang damai setelah mereka menghadapi genosida oleh pasukan keamanan pro-Saleh pekan lalu.     Saleh, sekutu dekat AS dalam perangnya terhadap Al Qaeda, terluka akibat ledakan pada 3 Juni lalu dan sekarang dalam pemulihan di Arab Saudi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X