Ubur-ubur Ganggu Reaktor Nuklir

Kompas.com - 02/07/2011, 08:13 WIB
EditorEgidius Patnistik

TORNESS, KOMPAS.com - Setelah rombongan kura-kura ”berhasil” mengganggu operasi Bandara John F Kennedy di New York, AS, kini giliran gerombolan ubur-ubur membuat repot sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Skotlandia, Inggris.

Dua reaktor nuklir di PLTN Torness, dekat kota Dunbar, Skotlandia timur laut, terpaksa dipadamkan, Selasa (28/6), setelah ditemukan ubur-ubur dalam jumlah banyak menyumbat saluran penyaring air laut. Air laut digunakan sebagai pendingin reaktor tersebut saat beroperasi.

Pihak EDF Energy, operator PLTN itu, mengatakan, pemadaman reaktor tersebut adalah murni tindakan berjaga-jaga dan sama sekali tidak menimbulkan risiko bahaya bagi masyarakat maupun lingkungan. Begitu reaktor dipadamkan, para pekerja langsung membersihkan tumpukan ubur-ubur dan memantau perairan di sekitar PLTN untuk mencegah penumpukan ubur-ubur atau benda penyumbat lain, seperti rumput laut.

Belum diketahui kapan PLTN, yang mampu membangkitkan energi listrik bagi 2,5 juta rumah, itu akan dioperasikan lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.