Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menambah Aroma dengan Daun Rempah

Kompas.com - 01/07/2011, 13:56 WIB

KOMPAS.com - Saat akan membuat aneka masakan asing, Anda tentu akan menemukan sejumlah bumbu rempah yang juga asing pada resepnya, kan? Nah, agar tak bingung, sebaiknya kenali lebih jauh fungsi dari bumbu asing yang lebih banyak berbentuk dedaunan ini.

Daun dill
Daun beraroma khas ini berasal dari mediterenia dan Asia Barat. Daunnya seperti cemara. Dipakai sebagai penambah harum pada masakan berbahan dasar ikan, karena bisa menghilangkan bau amis. Daun dill juga bisa dipakai untuk sup dan acar. Agar aromanya awet, tambahkan cincangan daun dill saat masakan akan disajikan.

Daun coriander
Dikenal juga sebagai daun ketumbar dan banyak dipakai sebagai campuran pada aneka sajian Asia. Daunnya mirip seledri, hanya teksturnya lebih halus. Selain daunnya, akar coriander juga sering dipakai untuk aneka masakan asing, dengan aroma lebih tajam. Bisa dipakai dalam keadaan segar atau dicincang halus. Umumnya digunakan pada masakan Thailand, seperti tom yam atau campuran salad.

Parsley
Parsley atau peterseli amat mirip seledri, tapi helaian daunnya lebih keriting dan rimbun. Kegunaannya lebih banyak sebagai campuran saus atau garnis pada aneka hidangan.

Daun basil
Rempah dari India ini sering dipakai untuk masakan khas Yunani, Thailand, Vietnam, dan Laos. Daunnya hijau tua, dan rasanya pahit. Daun ini mudah sekali menjadi coklat dan kehilangan aromanya. Di Italia, basil sering dipakai pada pembuatan saus pasta, dicampur pine nut dan olive oil. Yang segar, basil sering dipakai untuk topping pada pizza.

Bay leaf
Daunnya mirip daun salam, tapi lebih kecil. Aromanya amat khas dan banyak dijual kering. Bay leaf kering beraroma lebih tajam daripada yang segar. Rempah ini sering digunakan untuk sup dan masakan Italia.

Daun mint
Daun beraroma peppermint ini ada dua macam: peppermint dan spearmint. Daun peppermint berwarna hijau dan aromanya lebih kuat dibandingkan daun spearmint. Daun mint mudah layu, maka sebaiknya disimpan di lemari es setelah dibungkus plastik. Daun mint sering dipakai pada pembuatan saus atau aneka minuman.

Rosemary
Daun segarnya berbentuk jarum dan dikenal sebagai obat penyembuh segala penyakit, di samping sebagai pengawet makanan. Sering dipakai untuk bumbu sup, masakan berbahan daging, atau saus perendam.

Tarragon
Rempah berbentuk potongan kecil-kecil dan kering ini beraroma manis. Umumnya dicampur dalam cuka atau anggur putih untuk membumbui salad, atau aneka masakan seafood, kalkun, dan ayam.

Oregano
Beraroma wangi dan khas. Mirip kemangi, tapi lebih kecil. Oregano cocok untuk pasta, saus, masakan seafood, topping pizza, dan hidangan daging. Kuliner Eropa akrab dengan oregano. Topping pizza dan steak akan kehilangan ciri khasnya jika tak pakai oregano. Oregano juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengatasi gangguan pencernaan, antiseptik, dan meringankan migrain. Di pasaran banyak dijual kering.

(Tabloid Nova/Nuraini W.)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com