Tangkap Khadafy!

Kompas.com - 27/06/2011, 19:11 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Surat perintah penangkapan terhadap pemimpin Libya, Moammar Khadafy, keluar Senin (27/6/2011). Pihak Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) yang meneken surat itu. Artinya, sebagaimana warta AP dan AFP, Khadafy menjadi buronan internasional.

Tak cuma itu, ICC juga melansir surat senada untuk putra Khadafy, Saif. Lalu, surat yang sama juga dikeluarkan untuk Kepala Badan Intelijen Libya Abdullah al-Senussi. Ketiganya didakwa melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Jaksa di ICC, Luis Moreno-Ocampo, Minggu, mengatakan bahwa kejahatan terhadap kemanusiaan terus berlanjut di Libya. "Karena alasan itulah, Khadafy harus ditangkap," ujar Moreno-Ocampo.

Pada Mei lalu Moreno-Ocampo meminta mahkamah mengeluarkan surat penangkapan untuk Khadafy. Kala itu Khadafy dianggap terlibat dalam pembunuhan terhadap para pengunjuk rasa setelah Dewan Keamanan PBB melimpahkan masalah ini ke ICC.

Keputusan ICC ini disambut baik Menteri Luar Negeri Inggris William Hague. Hague menyatakan, surat penangkapan dari Mahkamah Kejahatan Internasional ini menunjukkan Khadafy telah kehilangan semua legitimasi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.