Janda Bos Al Qaeda Divonis Seumur Hidup

Kompas.com - 27/06/2011, 09:49 WIB
EditorKistyarini

BAGHDAD, KOMPAS.com — Pengadilan Irak menjatuhkan hukuman seumur hidup pada istri (almarhum) mantan pemimpin Al Qaeda Irak karena perannya dalam membantu aktivitas gerilyawan, seorang juru bicara dewan pengadilan negara itu mengatakan, Minggu (26/6/2011).

Hasna Ali Yahya, istri mantan pemimpin Al Qaeda Irak Abu Ayyub al-Masri, telah diganjar hukuman penjara seumur hidup pada Kamis (23/6/2011), kata Abdul-Sattar al-Birqdar, juru bicara Dewan Pengadian Tertinggi Irak.

"Ia dihukum berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Antiterorisme karena (memberi) perlindungan pada kelompok teroris Abu Ayyub al-Masri," kata al-Birqdar pada Reuters.

Pasukan Irak dan AS telah mencatat kemenangan besar terhadap kelompok Al Qaeda Irak dalam beberapa waktu belakangan, tetapi gerilyawan Muslim Sunni masih mematikan dan melakukan puluhan serangan setiap bulan.

Masri, bersama Abu Omar al-Baghdadi, pemimpin kelompok Al Qaeda Irak, tewas April lalu dalam operasi pasukan keamanan.

Gerilyawan telah meningkatkan serangannya terhadap polisi dan militer Irak dalam beberapa bulan belakangan ketika militer AS bersiap untuk mundur sepenuhnya dari Irak pada Desember mendatang, lebih dari delapan tahun setelah serangan yang menjatuhkan Presiden Saddam Hussein.

Seorang pengebom bunuh diri di sebuah kursi roda telah meledakkan dirinya di sebuah pos polisi di pinggiran utara kota Baghdad, Minggu (26/6/2011), melukai sedikitnya 12 orang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.