Jepang Makin Dalam Rogoh Koceknya

Kompas.com - 24/06/2011, 18:28 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Kantor kabinet Jepang pada Jumat (24/6/2011) meluncurkan data teranyar terkait ongkos rekonstruksi pascagempa dan tsunami pada Jumat (11/3/2011) silam. Di situ tertera pembangunan kembali infrastruktur, perumahan, dan berbagai fasilitas yang rusak lantaran bencana alam itu menyedot duit 16,9 triliun yen atau setara dengan 210 miliar dollar AS. Alhasil, Jepang harus merogoh koceknya lebih dalam lagi.

Pasalnya, ongkos segitu belum cukup untuk menutup biaya kerusakan instalasi nuklir, khususnya di Fukushima. "Biaya akan makin membengkak kalau kebocoran radiasi di reaktor nuklir itu meluas," tulis Kyodo dalam laporannya.

Sebelumnya, Jepang mengeluarkan dana 10,4 triliun yen untuk pembangunan rumah-rumah, pertokoan, dan fasilitas korporasi akibat gempa. Sementara pembangunan kembali infrastruktur sosial, seperti jalan dan pelabuhan, sudah melahap duit 2,2 triliun yen.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.