Obama: Al Qaeda Dalam Tekanan Besar

Kompas.com - 23/06/2011, 08:24 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS, Barack Obama, Rabu (22/6/2011), mengatakan, dari informasi yang disita dalam penggerebekan yang menewaskan Osama bin Laden menunjukkan, jaringan Al Qaeda pimpinan Osama berada di bawah tekanan besar.

"Osama menyatakan kekhawatiran bahwa Al Qaeda tak mampu secara efektif menggantikan teroris-teroris senior yang telah terbunuh, dan bahwa Al Qaeda gagal dalam usahanya untuk membawa Amerika sebagai negara yang berperang dengan Islam," katanya. "Al-Qaeda tetap berbahaya, dan kita harus waspada terhadap serangan-serangan (baru). Tapi kami telah menempatkan Al Qaeda di jalur menuju kekalahan, dan kami tidak akan menyerah sampai tugas itu dikerjakan."

Pasukan Khusus AS, Navy SEAL, menyerbu kompleks rahasia tempat tinggal Osama di Pakistan pada 2 Mei lalu. Serbuan itu menewaskan Osama dan AS mendapatkan apa yang para pejabat kemudian katakan sebagai harta karun berupa dokumen-dokumen dan file-file komputer.

"Informasi yang kami peroleh dari kompleks Osama menunjukkan, Al Qaeda berada di bawah tekanan besar," kata Obama dalam pidatonya Rabu, ketika mengumumkan awal penarikan pasukan AS dari perang yang telah berlangsung 10 tahun di Afganistan. "Kami memulai penarikan ini dari sebuah posisi yang kuat. Al Qaeda sedang berada di bawah tekanan yang lebih (besar) sejak 9/11," kata Omaba merujuk pada serangan 11 September 2001 di New York yang didalangi Osama yang menewaskan hampir 3.000 orang.

"Bersama Pakistan, kami telah menciduk lebih dari setengah pemimpin Al Qaeda. Dan berkat para profesional di bidang intelijen dan pasukan khusus, kami telah menewaskan Osama bin Laden," kata Obama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.