Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Rakyat Menentang Serangan pada Osama

Kompas.com - 22/06/2011, 11:31 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Sebagian besar warga Pakistan menentang serangan Amerika Serikat yang menewaskan Osama bin Laden, menurut hasil jajak pendapat Pew Research Center yang dirilis Selasa (21/6/2011).     

Survei itu menemukan bahwa beberapa warga Pakistan mendukung Al Qaeda, tapi banyak yang mengkhawatirkan mengenai dampak serangan rahasia di Abbottabad pada 2 Mei yang menewaskan Osama.

Sepuluh persen warga Pakistan menyetujui operasi itu, 63 persen menentang, dan sisanya tidak memutuskan, kata lembaga itu. Hanya 8 persen warga Pakistan yang mengatakan mereka percaya Presiden AS Barack Obama "akan melakukan hal benar dalam urusan dunia".     

Pendapat juga bertambah lebih negatif pada saingan bersejarah Pakistan, India. Berdasarkan jajak pendapat itu mengatakan, 57 persen warga Pakistan mengidentifikasi India sebagai ancaman terbesar negara mereka, ketika mereka diberi pilihan antara New Delhi, Taliban, dan Pakistan.     

Pakistan pada awalnya mendukung Taliban Afganistan, tapi berubah menjadi mitra garis depan AS setelah serangan 11 September 2001. Dalam beberapa tahun belakangan, Pakistan telah dihantam oleh gelombang kekerasan terkait ekstremisme dan AS telah meningkatkan serangan pesawat mata-matanya terhadap gerilyawan yang dicari.     

Jajak pendapat itu mengatakan, 92 persen warga Pakistan tidak puas dengan arah negara mereka, dengan sebagian besar memperkirakan ekonomi akan lebih buruk pada tahun mendatang.     

Hanya 11 persen warga Pakistan yang menyampaikan pandangan yang mendukung Presiden Asif Ali Zardari, seorang warga spil yang berkuasa pada 2008 setelah satu dasawarsa pemerintah yang didukung militer.     

Namun, survei itu menemukan adanya dukungan kuat pada militer Pakistan, meskipun ada kecaman juga pada militer setelah serangan terhadap Osama bin Laden. Sekitar 79 persen melukiskan militer sebagai pengaruh yang baik pada Pakistan, dengan 57 persen mendukung Jenderal Ashfaq Kayani, panglima militer saat ini.     

Media juga menikmati dukungan kuat, dengan 76 persen mengatakan mereka memiliki pengaruh positif pada Pakistan.     

Pew Research Center telah melakukan dua putaran survei dengan mewawancarai 3.221 warga Pakistan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com