Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jon Huntsman Jadi Calon Presiden AS

Kompas.com - 22/06/2011, 08:59 WIB

JERSEY CITY, KOMPAS.com - Jon Huntsman, mantan duta besar AS untuk China, Selasa (21/6/2011), secara resmi maju sebagai calon dalam pemilihan presiden AS tahun 2012 melawan bekan bos sendiri, Barack Obama. Namun posisinya, berdasarkan jajak pendapat, masih jauh di belakang para pesaingnya di Partai Republik.

Ia mengumumkan pencalonannya di Liberty State Park di New Jersey dengan Patung Liberty sebagai latar belakang. Ronald Reagan mengumumkan pencalonannya di tempat yang sama tahun 1980. Huntsman menyebut kondisi Amerika saat ini "benar-benar tidak dapat diterima," dan ia menjanjikan pekerjaan baru, kemandirian energi dan sebuah aturan pajak yang sederhana.

Dengan janji untuk membuat "keputusan-keputusan berat" demi mencegah AS tenggelam dalam bencana hutang, mantan gubernur negara bagian Utah itu secara resmi mengumumkan pencalonannya. Berdasarkan hasil jajak pendapat, Huntsman, 51 tahun, berada di belakang calon-calon lain dari Partai Republik untuk memperoleh nominasi dari partai itu pada 2012, tetapi dia diperkirakan memperoleh keuntungan dari liputan media.

Keputusannya untuk berlaga dalam pemilihan presiden membuat khawatir pemerintahan Obama dari kubu Demokrat karena Huntsman bisa menarik pemilih dari kedua partai tersebut. Huntsman membuat marah Gedung Putih April lalu ketika meletakkan jabatannya di Beijing guna mempersiapkan diri melawan Obama yang mengangkatnya tahun 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com