Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4.000 Buruh Mogok, Tuntut Kesejahteraan

Kompas.com - 20/06/2011, 11:12 WIB

KULONPROGO, KOMPAS.com - Sekitar 4.000 buruh PT Sung Chang Indonbesia (SCI) Kulonprogo, DI Yogyakarta melakukan aksi mogok kerja, Senin (20/6/2011). Mereka menggelar aksi demo menuntut perbaikan kesejahteraan atas nasib mereka.

Ribuan buruh pabrik yang memproduksi rambut palsu (wig) ini, pada awalnya hanya melakukan aksi di seputaran pabrik. Tidak ada satupun buruh yang masuk untuk bekerja. Mereka juga menggelar orasi menuntut managemen memenuhi tuntutan yang diajukan sebelumnya.

Setelah itu, para buruh melanjutkan aksinya dengan longmarch menuju ke Kantor Dinsosnakertrans. Mereka lalu melakukan orasi di depan kantor hingga menyebabkan ruas jalan macet total.

Aksi buruh ini adalah aksi kedua mereka. Sebelumnya para buruh melakukan hal yang sama pada Kamis (16/6/2011). "Kita tidak ingin ditindas, kami butuh kesejahteraan," ujar Yanti salah satu buruh.

Aksi kali ini juga mendapatkan dukungan dari Federasi Serikat Buruh independen Yogyakarta. Di antara tuntutan buruh ini, adalah perbaikan gaji sesuai UMR, jam kerja diperhatikan, lembur harus dihitung, cuti dan tunjangan karyawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com