PBB Berperan Penting di Libya

Kompas.com - 19/06/2011, 05:41 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Semua pihak berharap agar krisis Libya tak berlarut-larut. Makanya, sebagaimana warta Xinhua, AP, dan AFP pada Sabtu (18/6/2011), peran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Dewan Keamanan (DK) harus makin mengemuka. Demikian benang merah pertemuan organisasi-organisasi internasional dan regional yang difasilitasi Liga Arab (LA) di Kairo, Mesir.

Intinya adalah penegakan kembali resolusi DK nomor 1973 untuk melindungi warga sipil dalam konflik Libya tersebut. "Tidak ada lagi intervensi militer asing untuk menyelesaikan krisis tersebut," demikian pernyataan LA.

Dalam pertemuan itu, hadir Sekretaris Jenderal LA Amr Moussa, Ketua Komisi Persatuan Afrika Jean Ping, Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Catherine Ashton, dan Utusan Khusus PBB untuk Libya Abdel-Elah al- Khateeb. Seluruh pihak tersebut juga bertelekonferensi dengan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon yang berada di New York.

Poin-poin penting dalam pertemuan itu antara lain kerja sama internasional untuk penuntasan krisis Libya, perlindungan terhadap warga sipil, termasuk pengerahan bantuan kemanusiaan lebih intensif.

Terkait pihak Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Ashton mengatakan,"Kegiatan NATO harus dilakukan dalam kerangka resolusi tersebut."

Pertemuan antarpihak kali ini adalah yang kedua. Pertemuan pertama digelar pada 14 April lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.