Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Pro dan Kontra di Australia

Kompas.com - 18/06/2011, 20:48 WIB
KOMPAS.com — Seribuan anggota penyayang binatang berunjuk rasa di Sydney. Menurut warta Xinhua pada Sabtu (18/6/2011), mereka meminta agar Pemerintah Australia menghentikan selamanya ekspor sapi hidup ke Indonesia.

Awal bulan ini, memang, Menteri Pertanian Joe Ludwing sudah mengumumkan penghentian sementara ekspor tersebut. Yang menjadi landasan kebijakan ini adalah sejumlah tayangan yang menunjukkan adanya penyiksaan terhadap hewan-hewan tersebut di sejumlah rumah potong hewan.

Saat berkumpul di Hype Park, pengunjuk rasa membawa spanduk-spanduk berisi permintaan untuk pelarangan permanen tersebut. "Hentikan penyiksaan terhadap binatang," begitu salah satu seruan mereka.

Kendati demikian, ratusan peternak di Perth melancarkan protes berbeda. Mereka justru meminta agar pelarangan itu segera dihentikan. Soalnya, peternak bakal mengalami banyak kerugian kalau pelarangan itu berjalan lama.

Sementara Joe Ludwing mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan dicabut atau tidaknya larangan ekspor tersebut. Saat bertemu dengan pihak-pihak pengurus hewan ternak dan daging di Australia, Ludwing meyakinkan mereka kalau pelarangan tersebut juga merupakan upaya untuk membenahi standar hewan ternak ekspor Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com