Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Saudi Mengemudi Bareng

Kompas.com - 18/06/2011, 08:45 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Kaum perempuan Arab Saudi benar-benar serius dengan tantangan mereka melawan larangan mengemudi. Secara serentak puluhan perempuan duduk di balik kemudi dan mulai menjalankan mobil, Jumat (17/6/2011).

"Kami baru pulang dari supermarket. Istri hari memutuskan mulai hari ini dia yang mengemudi saat berangkat dan pulang," tulis kolumnis Taufik Alsaif dalam akun Twitter-nya.

"Saya dan istri saya, Maha, baru dari berkendara selama 45 menit. Dia yang menyetir mobil melewati jalan-jalan di Riyadh," kata Mohammad al-Qahtani, presiden Asosiasi Hak Sipil dan Politik Saudi, juga melalui Twitter.

Didorong kampanye Women2Drive, banyak perempuan Saudi bertekad menentang larangan mengemudi. Melalui Facebook dan Twitter, mereka berjanji akan beraksi bersama pada Jumat kemarin.

Perempuan Saudi yang bisa mengemudikan mobil biasanya mendapat surat izin mengemudi di luar negeri. Sebab mereka tidak mungkin mendapatkannya di Saudi.

Veteran aktivis hak-hak perempuan Wajha al-Huwaider mengatakan, dia tidak berharap kampanye itu diikuti banyak perempuan mengingat respons keras pemerintah terhadap para penganjur kampanye itu. Meskipun dukungan dari luar negeri terhadap gerakan itu sangat besar.

"Saya tidak mengharapkan sesuatu yang besar seperti yang diharapkan orang di luar Saudi," katanya.

Ditambahkannya, penahanan Manal al-Sharif, serta sejumlah perempuan lain cukup membuat takut kaum perempuan.

Sharif, seorang ilmuwan komputer 32 tahun, dijebloskan dalam penjara selama dua minggu bulan lalu setelah mengemudi dan mengunggah posting rekaman tindakannya di Internet.

Enam perempuan lainnya juga sempat ditahan karena belajar mengemudi di sebuah tanah kosong di utara Riyadh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com