Pejabat China Larikan Dana

Kompas.com - 18/06/2011, 03:38 WIB
Editor

BEIJING, Jumat - Ribuan pejabat China telah mengorupsi dana lebih dari 120 miliar dollar AS dan mengalihkan dana hasil korupsi itu ke luar negeri, terutama ke AS. Jumlah ini setara dengan 17 persen produk domestik bruto Indonesia yang besarannya 700 miliar dollar AS.

Dalam laporan Bank Sentral China, Jumat (17/6), disebutkan, 16.000 hingga 18.000 pejabat pemerintah dan eksekutif perusahaan negara menyelundupkan sekitar 123 miliar dollar AS pada 1990-an dan pada 2008.

Kajian itu juga mengungkapkan, uang yang diselundupkan sebagian besar ditujukan ke AS, Australia, Kanada, dan Belanda. Mereka menggunakan rekening bank di luar negeri atau dibelikan properti dan barang-barang berharga seperti lukisan.

Modus yang digunakan para pejabat adalah membungkus korupsi seolah-olah merupakan transaksi bisnis, termasuk dengan mendirikan perusahaan, penerima transfer dana.

Selama ini China melancarkan berbagai cara untuk mengurangi korupsi. Sering kali rakyat jelata memprotes korupsi yang dilakukan oleh pejabat.

Korupsi ini tampaknya juga menjadi kendala besar dalam menjaga stabilitas politik, yang sudah mulai membuat warga jengkel. Walaupun demikian, tetap saja korupsi di antara pejabat Partai Komunis merajalela dan menjadi hal biasa.

Dalam laporan tersebut juga ada peringatan bahwa korupsi merupakan masalah yang sangat serius dan dapat mengganggu perkembangan ekonomi China serta stabilitas politik.

Kajian itu menyebutkan, selain menjatuhkan hukuman kepada pejabat yang bersalah, China juga harus meningkatkan pengawasan terhadap transfer aset dan pembayaran ke luar negeri.

Para jaksa China telah melakukan beberapa keputusan besar yang diharapkan dapat memberikan terapi kejut bagi pejabat yang korup. Sudah banyak pejabat dari berbagai pangkat yang dihukum karena kasus korupsi. Salah satu yang terbesar adalah kasus korupsi pejabat tinggi Partai Komunis di Shanghai, Chen Liangyu. Chen dihukum 18 tahun penjara.

Hambat pertumbuhan

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.