Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Puasa, Harga Daging Sapi Akan Naik 10 Persen

Kompas.com - 16/06/2011, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perdagangan menaksir harga daging sapi akan naik 5 persen hingga 10 persen dalam beberapa bulan ke depan. Dari harga stabilnya sekitar Rp 64.000 per kilogram (kg), harga daging sapi bisa mencapai Rp 67.200-Rp 70.400 per kg.

Prediksi kenaikan harga daging tersebut karena akan ada peningkatan permintaan menyambut puasa dan Lebaran. Belum lagi pasokan sapi impor dari Australia masih dihentikan oleh Pemerintah Australia dalam enam bulan ke depan akibat dugaan penyiksaan hewan.

"Pastinya, kita mencari alternatif pasokan impor daging dari negara lain yang juga memenuhi standar kesehatan dan bebas dari penyakit. Saat ini, kita menentukan impor dari negara Amerika Serikat dan Meksiko," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, hari ini, Kamis (16/6/2011).

Agar pasokan daging sapi di dalam negeri tetap lancar pada momen puasa dan Lebaran nanti, Kemendag akan bersinergi dengan pihak Organda untuk menjamin transportasi pendistribusian daging sapi ke daerah-daerah tetap lancar.

Namun, sepanjang Mei 2011, harga daging sapi mengalami penurunan 0,39 persen menjadi Rp 64.661 per kg dibandingkan harga rata-rata April 2011 sebesar Rp 64.912 per kg. Sedangkan secara nasional, harga daging sapi pada minggu pertama Juni 2011 relatif stabil, yakni sebesar Rp 64.196 per kg. (Evilin Falanta/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com