Obama Akan ke Bali, TNI Bersiap

Kompas.com - 14/06/2011, 16:50 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

DENPASAR, KOMPAS.com — Meski perhelatan East Asia Summit 2011 masih beberapa bulan ke depan, TNI mulai bersiap untuk mengamankan pertemuan kepala-kepala negara Asia Timur plus yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden AS Barack Obama.

Sedikitnya seribu personel TNI dari Kodam IX Udayana dilibatkan untuk mengamankan East Asia Summit pada November mendatang. Kodam IX Udayana pun akan menggelar latihan-latihan khusus untuk pengamanan Obama dan tamu VVIP lainnya.

"Latihan-latihan pengamanan untuk VVIP pasti karena ada beberapa kepala negara di situ, dan banyak personel, mungkin lebih dari seribu personel, TNI dilibatkan," ujar Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Leonard di Makodam Udayana, Denpasar, Selasa (14/6/2011).

Pangdam menegaskan bahwa dalam East Asia Summit 2011 nanti, pengamanan Obama sama seperti kepala negara lainnya. "Tidak ada yang khusus, tetapi kita mengamankan layaknya kepala negara yang datang ke wilayah Indonesia. Kita perlakukan sama, termasuk RI 1 dan kepala negara yang lain kita perlakukan sama," tegasnya.

Sejauh ini belum ada koordinasi antara Pemerintah RI dan Pemerintah AS terkait kedatangan Obama ini. "Hingga saat ini belum ada pihak Amerika yang berkoordinasi dengan TNI karena ini kan masih rencana untuk November nanti pelaksanaannya," tutur Pangdam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.