Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Akan ke Bali, TNI Bersiap

Kompas.com - 14/06/2011, 16:50 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Meski perhelatan East Asia Summit 2011 masih beberapa bulan ke depan, TNI mulai bersiap untuk mengamankan pertemuan kepala-kepala negara Asia Timur plus yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden AS Barack Obama.

Sedikitnya seribu personel TNI dari Kodam IX Udayana dilibatkan untuk mengamankan East Asia Summit pada November mendatang. Kodam IX Udayana pun akan menggelar latihan-latihan khusus untuk pengamanan Obama dan tamu VVIP lainnya.

"Latihan-latihan pengamanan untuk VVIP pasti karena ada beberapa kepala negara di situ, dan banyak personel, mungkin lebih dari seribu personel, TNI dilibatkan," ujar Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Leonard di Makodam Udayana, Denpasar, Selasa (14/6/2011).

Pangdam menegaskan bahwa dalam East Asia Summit 2011 nanti, pengamanan Obama sama seperti kepala negara lainnya. "Tidak ada yang khusus, tetapi kita mengamankan layaknya kepala negara yang datang ke wilayah Indonesia. Kita perlakukan sama, termasuk RI 1 dan kepala negara yang lain kita perlakukan sama," tegasnya.

Sejauh ini belum ada koordinasi antara Pemerintah RI dan Pemerintah AS terkait kedatangan Obama ini. "Hingga saat ini belum ada pihak Amerika yang berkoordinasi dengan TNI karena ini kan masih rencana untuk November nanti pelaksanaannya," tutur Pangdam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com