Terima Rp 18 M, Perompak Bebaskan Kapal Mesir

Kompas.com - 14/06/2011, 15:48 WIB
EditorKistyarini

MOGADISHU, KOMPAS.com — Setelah melalui proses negosiasi selama berbulan-bulan, perompak Somalia akhirnya membebaskan kapal kargo Mesir MV Suez dan ke-22 krunya, Senin (13/6/2011).

Kapal berbendera Panama itu dioperasikan oleh Red Sea Navigation Company yang bermarkas di Port Said, Mesir. Kapal dan semua awaknya dibebaskan dengan uang tebusan 2,1 juta dollar AS (Rp 18 miliar) yang dijatuhkan dari pesawat.

Kapal yang membawa 22 awak berkebangsaan Pakistan, India, Mesir, dan Sri Lanka itu menjadi tawanan para lanun Somalia setelah diserang di Panama 10 bulan silam.

Kepada kantor berita Reuters, salah seorang perompak yang mengaku bernama Ali membenarkan pembebasan itu. Ali menyatakan mereka sudah menerima uang tebusan.

The Maritime Executive mengutip pihak berwenang, kondisi kesehatan awak MV Suez sangat buruk. Mereka mengaku mendapat makanan apabila para perompak makan. Supaya bisa bertahan, mereka minum air hujan.

Selama disandera, mereka beberapa kali mendapat ancaman, terutama apabila negosiasi uang tebusan macet dan para perunding gagal mencapai kesepakatan soal jumlah uang.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X