Wamentan Akan Bertemu Australia Bahas Sapi

Kompas.com - 12/06/2011, 14:19 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi menyatakan akan bertemu Wakil Menteri Pertanian Australia Senin (13/6/2011) terkait pelarangan ekspor sapi oleh Australia ke Indonesia. Pertemuan ini akan membicarakan mengenai hal teknis dari masalah ini.

"Dalam seminggu ke depan, mudah-mudahan kita sudah bisa mendapatkan identifikasi mungkin antara 10-20 RPH yang layak untuk menangani sapi sesuai dengan standar apa pun yang mereka minta," ungkap Bayu seusai menghadiri daily press briefing World Economic Forum on East Asia (WEF EA) 2011  di Hotel Shangrila, Jakarta, Minggu (12/6/2011).

Untuk mengingatkan saja, Pemerintah Australia telah menyetop ekspor hewan hidup, termasuk sapi ke Indonesia, setelah mengetahui ada perlakuan yang tidak manusiawi dalam penyembelihan sapi di Rumah Potong Hewan melalui tayangan televisi ABC.

Pada kesempatan yang sama, Bayu juga menyatakan optimismenya akan ketersediaan stok daging hingga Lebaran ini meski ada penyetopan ekspor sapi dari Australia.

Saat ini, Bayu menyebutkan terdapat 150.000 sapi hidup eks-impor. "Jadi, stok kita ada lebih dari 150.000. Belum lagi stok dalam negeri," ungkap Bayu.

"Belum lagi juga kita impor daging beku. Daging beku itu kita impor karena ada jenis-jenis daging tertentu yang tidak bisa kita lakukan dalam negeri," ujarnya.

Sejak Januari 2011 hingga saat ini, ia menyebutkan, total secara keseluruhan daging beku hampir 38.000-39.000 ton. "Yang masih ada di kita, stoknya sekarang kira-kira masih  sekitar 9.000 ton. Jadi kalau sampai Lebaran, saya sangat optimistis," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.