Lanun Somalia Bebaskan Tanker Kuwait

Kompas.com - 11/06/2011, 21:08 WIB
EditorJosephus Primus

MOGADISHU, KOMPAS.com — Para perompak alias lanun Somalia mengatakan bahwa mereka membebaskan sebuah kapal tangki minyak Kuwait berbendera Uni Emirat Arab setelah korban membayar 12 juta dollar AS. Kapal MV Zirku yang berbobot mati 105.846 ton pada 28 Maret dibajak dalam perjalanannya ke Singapura dari Sudan dengan 29 awak. "Kami telah membebaskan kapal tangki minyak setelah kami menerima uang tebusan, dan kapal itu sudah pergi," kata seorang perompak yang mengaku bernama Rashid kepada Reuters, Jumat malam.     

Andrew Mwangura, mantan pejabat maritim yang berpusat di Kenya dan kini merupakan redaktur media maritim Somalia Report menginformasikan pembebasan itu dan mengatakan bahwa para awak selamat. Namun, ia mengatakan tidak bisa mengonfirmasikan apakah uang tebusan itu telah dibayarkan.     

Para perompak Somalia memperoleh jutaan dollar AS sebagai tebusan dari kapal-kapal yang dibajak di Samudra Hindia dan Teluk Aden, kendatipun usaha-usaha angkatan-angkatan laut luar negeri untuk menumpas aksi serangan-serangan seperti itu sudah dilakukan. "Perompakan di wilayah maritim membuat beban ekonomi global mencapai angka 12 miliar dollar AS setahun," kata para periset.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.